Tabel 1.2 Rubrik Checklist Perancangan Pembelajaran dengan Prinsip UbD
Item Pernyataan |
Sudah |
Belum |
|
|
Langkah 1. Menentukan Tujuan Pembelajaran |
|
|||
Saya
mengidentifikasi sasaran pembelajaran dan fokus pada pemahaman konsep yang
mendalam dan penerapan pengetahuan dalam konteks
nyata. |
√ |
|
||
Saya menentukan pemahaman utama yang mencakup inti dari pembelajaran dan evaluasi pemahaman peserta didik. |
√ |
|
||
Saya
mengidentifikasi kemampuan penting yang fokus pada keterampilan yang relevan dengan konten pembelajaran dan dapat diterapkan di kehidupan nyata. |
√ |
|
||
Saya merumuskan pertanyaan esensial yang
mendorong peserta didik untuk menjelajahi konsep-konsep
dan merumuskan pemahaman mereka
sendiri. |
|
√ |
||
Saya menentukan kriteria keberhasilan capaian
pembelajaran. |
√ |
|
Saya merumuskan tujuan pembelajaran dalam
berbagai kategori kemampuan peserta didik. |
√ |
|
|
||
Langkah 2. Menentukan Asesmen Pembelajaran |
|
||||
Saya mengidentifikasi bukti kinerja atau produk yang dapat menunjukkan pencapaian tujuan pembelajaran. |
√ |
|
|
||
Saya merancang
rubrik penilaian yang jelas dan terukur untuk setiap jenis bukti kinerja. |
√ |
|
|||
Saya merancang asesmen berdasarkan tujuan
pembelajaran yang akan
dicapai. |
√ |
|
|||
Saya merancang asesmen formatif untuk mengukur capaian
pembelajaran yang berkelanjutan selama proses pembelajaran. |
√ |
|
|||
Saya mengembangkan instrumen penilaian autentik. |
|
√ |
|||
Saya mengumpulkan data asesmen untuk
mengetahui perkembangan
pencapaian peserta didik. Selanjutnya, dipergunakan sebagai dasar menentukan tindakan lanjutan. |
√ |
|
|||
Langkah 3. Merancang Kegiatan Pembelajaran |
|
||||
Saya menentukan alur belajar berorientasi pada pencapaian tujuan
pembelajaran. |
√ |
|
|
||
Saya mendesain aktivitas pembelajaran yang
mendorong peserta didik
untuk menjelajahi konsep
secara mendalam. |
|
√ |
|||
Saya memilih strategi pembelajaran yang
relevan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang terdapat pada asesmen. |
√ |
|
Saya memilih
model/metode/pendekatan pembelajaran yang
relevan untuk mencapai tujuan pembelajaran. |
√ |
|
||
Saya mengembangkan aktivitas berdasarkan kebutuhan belajar peserta didik
untuk mencapai tujuan
pembelajaran. |
|
√ |
||
Saya mengembangkan aktivitas pembelajaran terintegrasi dengan konteks nyata. |
√ |
|
||
Saya mengembangkan aktivitas pembelajaran berdasarkan keragaman kemampuan awal peserta didik. |
√ |
|
||
Saya mendesain aktivitas pembelajaran berbasis active learning. |
|
√ |
||
Saya mengembangkan aktivitas pembelajaran untuk
mencapai konsep-konsep esensial. |
√ |
|
Bagaimana kesimpulan Bapak/Ibu guru setelah mengisi
rubrik checklist? Berdasarkan rancangan
pembelajaran yang Bapak/Ibu guru miliki, pada poin berapa saja yang perlu diperbaiki?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar